Kamis, 11 November 2010

Tips Menghilangkan Debu Merapi di Body Motor

Debu vulkanik dari Gunung Merapi yang menempel di bodi motor bisa merusak motor karena memiliki partikel yang tajam. Sebaiknya bagaimana membersihkannya?

Juragan bengkel modifikasi Tauco Custom, Topo Goedel Atmodjo memberikan tips bagaimana membersihkan sisa abu vulkanik yang menumpuk di bodi motor.

"Abu dari Gunung Merapi kan bukan tanah biasa, ada partikel atau material batu yang tajam ya, jadi untuk proses awal pembersihan bodi sebaiknya jangan memakai air dulu," ujarnya.

Pertama-tama, debu yang melekat di bodi motor dihilangkan dengan cara dilap atau dengan menggunakan angin dari kompresor.

"Karena kalau memakai air terlebih dulu, nanti sisa-sisa debu vulkanik yang tajam itu meresap ke celah-celah mesin dan akhirnya merusak motor," ujarnya

Berbeda dengan debu biasa atau tanah, partikel dari abu vulkanik jika masuk ke filter motor akan merusak mesin. "Tidak seperti debu biasa atau tanah, masuk ke filter pun tidak akan rusak," ujarnya.

Setelah debu dari bodi motor menghilang dengan pembersihan cara kering tadi, Anda bisa membilas motor Anda agar kembali kinclong.

(Sumber DetikOto.com)

Tidak ada komentar: