Jumat, 19 November 2010

Material bawaannya lebih besar dari gajah bengkak!

Sebelumnya kita tahu seberapa panas awanpanas ini ketika melanda desa-desa di Cangkringan. Terus seberapa besar tenaganya ?
Batu berukuran diameter pendek 4 meter dengan diameter sumbu panjang 7 meterini dipotret oleh seorang kawan Mas Bambang Mertani, seorang geolog yang sangat mencintai Merapi pada tanggal 16 November 2010.
Lingkungan sekitar batu ini berupa pasir serta kerikil yang masih panas. Bahkan bila dikucuri air akan mengeluarkan uap seperti berasap.

Batu ini berada dilokasi Pagejurang, Kepuhsari, Cangkringan, Sleman yang jaraknya sekitar 9 Km dari Puncak Merapi. Dapat dibayangkan seberapa besar tenaga dari awanpanas ini ketika meluncur kebawah.
Menurut Pak Bambang Mertani pasir serta dasar batuan dibawah yang diinjaknya masih terasa panas, sehingga belum memungkinkan untuk didiskripsi jenis batuan, tekstur serta struktur batuan ini.

Bagaimana bisa terbawa ?
Dibawah ini teori bagaimana transportasi batuan-batuan ini dikelompokkan. Mulai dari Debris flow (aliran runtuhan) termasuk didalamnya piroklastik, grain flow (aliran butira) serta slide dan bagaimana bentuk struktur dan tekstur sedimentnya. Untuk batuan piroklastik sebenernya akan mirip juga dengan sistem dibawah ini,

Pengangkutan batu sebesar itu terjadi pada aliran avalance atau runtuhan yang sangat besar terdiri atas batuan berukuran lebih keci berupa boulder, hingga kerikil, pasir, debu dan bercampur gas. Batu ini berbentuk membundar diperkirakan tergerus selama menggelinding sejauh 9 Km dari Puncak Merapi.

(Sumber : Dongeng Geologi.com)

Tidak ada komentar: